Mata Pandang, Garanami TV

Mata Pandang, Garanami TV


HALLO TELEVIEWERS!!
Masih di edisi Program TV nih.. Mata Pandang Garanami TV bakal membahas, dan mengkomentari tentang menurunnya kualitas acara TV khususnya prgoram TV yang tidak mendidik di Indonesia Telviewers.. Cuss...

TV menjadi media utama kebanyakan besar penduduk di Indonesia. Penonton setianya pasti menyukai sinetron/ftv, reality show yang seru, acara musik hingga berita.

Dengan jumlah penonton yang banyak karena memiliki program yang menarik, stasiun tv jadi mengejar-ngejar apa yang disukai oleh penonton. misalnya penonton suka sekali dengan drama India, sehingga stasiun TV berlomba-lomba menyiarkannya, seperti ANTV yang selalu menampilkan drama India hingga mengajak kerja sama sinetron dengan aktor dan aktris dari India langsung. Walaupun banyak digemari namun ada banyak konten di dalamnya yang melenceng dari budaya Indonesia, seperti permasalahan cinta yang mengandung kata-kata yang tidak pantas untuk di dengar anak dibawah umur.

Bukan hanya itu, ada juga contoh seperti dulu di zamannya Korea Hallyu, banyak stasiun tv menayangkan drama Korea, khususnya Indosiar dan hingga sekarang masih ada juga stasiun tv yang menayangkannya walaupun itu sudah drama lama.

stasiun tv sering meniru program dari negara lain yang mengalami kesuksesan, atau mengajak kerja sama dengan stasiun tv tersebut yang berasal dari luar negri hanya untuk mendapat penonton yang banyak. Memang itu tujuannya, untuk mendapatkan simpati penonton, namun ada baiknya jika stasiun tv selalu mengingat batasan dan konten yang dibuat harus bermutu, sehingga penonton yang menontonnya terhibur dan juga terdidik.

Contohnya mengenai Program TV Indonesia VS Korea berikut ini..


Mission X VS Running Man


Buat penggemar Running Man, pasti langsung menemukan banyak kemiripan saat menonton acara Mission X. Misalnya acara ini memiliki 8 agen yang nantinya dibagi jadi dua tim dan harus berlomba menyelesaikan berbagai misi. Setiap misi yang diselesaikan akan berakhir dengan hadiah atau hukuman untuk masing-masing agen yang menang dan kalah. Game yang dimainkan sebagai misi para agen Mission X juga punya konsep yang sama dengan Running Man. Kayak, permainan bersaing saling mencopot handband (di Running Man saling mencopot name tag) dan petak umpet. Biarpun mirip, tapi Mission X ternyata bukan acara plagiat. Acara ini udah mendapatkan persetujuan dari SBS yang menayangkan serta memproduksi Running Man. Setelah menyelesaikan syuting lima episode pertama, Cho PD perwakilan Running Man sempat datang dan memberikan training kepada tim produksi Mission X.

I Can See Your Voice Korea Selatan VS I Can See Your Voice Indonesia


Bagi para penggemar Dunia Korea pasti tau acara televisi Korea Selatan yang satu ini, 너의 목소리가 보여/Neo-eui Moksori-ga Bo-yeo;/I Can See Your Voice. Acara music game show ini di buat oleh Lee Seon-Young yang ditayangkan pada Airing, Mnet, dan TVN (TV Korea). Hebatnya acara musik ini menjadi populer tidak hanya di Korea tapi seluruh dunia, sehingga I Can See Your Voice menjadi acara international mystery music game show dan banyak stasiun TV dari berbagai negara datang ke Korea untuk bekerja sama dengan I Can See Your Voice, termasuk Indonesia sendiri.

Tidak luput dari itu, memang membuat program tv tidak mudah, tapi seharusnya tim kreatif pembentuk program tidak patah semangat untuk terus menggali idenya dan membuat program acara tv yang bermutu dan sesuai genrenya.



SUMBER:
Putra, Arisandy. no date. Pembahasan Adaptasi Program TV (Mission X terhadap Running Man). diakses dari http://www.academia.edu/9789268/Pembahasan_Adaptasi_Program_TV_Mission_X_terhadap_Running_Man_ pada 21 Mei 2018 pukul 10.00 WIB.

MNCTV official. no date. I Can See Your Voice. diakses dari http://www.mnctv.com/program/i-can-see-your-voice-season-3 pada 21 Mei 2018 pukul 10.00 WIB.

Komentar

Posting Komentar