PENGERTIAN PROGRAM TV DAN MACAMNYA

PENGERTIAN PROGRAM TV DAN MACAMNYA



Halo Televiewers!! Apakabar? kangen ya? 
Kali ini Garanami TV bakal bagi-bagi info ke kalian semua tentang apasih program tv itu dan beragam macamnya.

Nah Televiewes, televisi tentunya memiliki suatu isi yang dapat memberikan suatu hiburan kepada penikmatnya, Isi tersebut disebut dengan program televisi. 
Menurut Morissan, M.A. dalam bukunya yang berjudul Manajemen  Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi (Vony, 2013), Jenis-jenis program acara televisi dibagi menjadi 2, yaitu program informasi dan program hiburan.

Televiewers pasti penasaran kan? yuk kita simak selengkapkanya:

1. Program Informasi

     Program Informasi merupakan jenis siaran yang memiliki tujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada khalayak audiens (penonton) dalam bentuk informasi. Yang merupakan daya tarik utama dari jenis program ini merupakan informasi yang "dijual" kepada penonton. Program informasi dapat dibagi menjadi 2 bagian besar,yaitu : 

Berita Keras (Hard News) 


Berita Keras adalah jenis berita yang didalamnya terdapat suatu informasi penting yang sifatnya harus segera diketahui oleh masyarakat (penonton). Berita keras dapat dibagi ke dalam beberapa bentuk berita, yaitu Straight News, Features, dan Infotainment. 

Berita Lunak (Soft News)


Berita Lunak adalah jenis berita yang di dalamnya terdapat informasi penting yang disampaikan secara mendalam (indepth) namun tidak bersifat harus disampaikan secepatnya. Kategori berita seperti ini ditayangkan dalam program tersendiri di luar program berita. Jenis program yang termasuk dalam kategori berita lunak adalah current affair, magazine, dokumenter, dan talk show. 

2. Program Hiburan

     Program Hiburan merupakan jenis siaran yang bertujuan untuk menghibur penontonnya dalam bentuk musik, cerita, permainan, dll. 
Program yang termasuk program hiburan adalah :

Permainan (Game Show)


Permainan (Game Show) merupakan bentuk program yang di dalamnya terdapat orang-orang yang bersaing untuk memenangkan sesuatu secara individu ataupun kelompok. Program permainan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu Quiz Show, Ketangkasan, dan Reality Show.

Program Musik (Music Program)


Program Musik (Music Program) dapat ditampilkan dalam dua format, yaitu videoklip atau konser. Program musik di televisi saat ini sangat ditentukan dengan kemampuan artis menarik audiens. Tidak saja dari kualitas suara namun juga berdasarkan bagaimana mengemas penampilannya agar menjadi lebih menarik.  

Program Pertunjukan


Program Pertunjukan adalah program yang menampilkan kemampuan (performance) seseorang atau beberapa orang pada suatu lokasi baik di studio ataupun di luar studio, di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor).  

Program Drama


Program Drama adalah pertunjukan atau show yang menyajikan cerita mengenai kehidupan atau karakter seseorang atau beberapa orang (tokoh) yang diperankan oleh pemain (artis) yang melibatkan konflik dan emosi. Suatu drama akan mengikuti kehidupan atau petualangan para tokohnya. Program televisi yang termasuk dalam program drama adalah film dan sinetron. 

Program Siaran 


Program siaran televisi di Indonesia pada umumnya diproduksi oleh 
stasiun televisi yang bersangkutan. Stasuin televisi dapat memilih program yang 
menarik dan memiliki nilai jual kepada pemasang iklan, sementara perusahaan 
produksi acara televisi dapat meraih keuntungan dari produksinya. 



Jadi gitu Televiewers.. gimana? cukup menambah wawasan kan?
Semoga Informasinya Bermanfaat yaa!! 



sumber:



Lestari, Vony. 2013. Daya Tarik dan Kepuasan Menonton Program Acara “Show Imah” di TRANS TV Terhadap Remaja RT.01/09 Kel.Sarua Indah Kec.Ciputat Tangerang Selatan. diakses dari http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-1018-BABII.pdf pada tanggal 20 Mei 2018 Pukul 15.00 WIB.

Komentar

  1. Ini request dari temen2 kmrn ya.. terima kasih sudah di buatkan kontennya😊

    BalasHapus
  2. Terimakasih requestnya sudah dibuatkan

    BalasHapus
  3. makasih yaa, jadi paham masalah program tv .thankyou

    BalasHapus

Posting Komentar