Evolusi Bentuk Televisi Dari Masa ke Masa


EVOLUSI BENTUK TELEVISI DARI MASA KE MASA

Televisi pertama kali diciptakan oleh John Logie Baird, ia adalah seorang ilmuwan, insinyur, innovator, dan juga pencipta Televisi yang paling pertama di dunia berdarah Skotlandia. Ia pertama kali menciptakan televisi dengan percobaannya menggunakan alat-alat sederhana, namun pada tahun 1929, Kantor Pos Jerman memberikan dia fasilitas untuk membuat layanan televisi yang eksperimental berdasarkan sistem mekanis buatannya yang lebih sederhana itu.

Setelah penemuan oleh John Logie Baird ini, seorang ilmuwan Amerika kelahiran Rusia yang bernama Vladimir Kosma Zworykin membuat suatu desain tabung sinar catoda atau yang biasa dikenal dengan CRT (Cathode Ray Tube). Vladimir pada tahun 1930, pergi ke sebuah laboratorium di San Fransisco milik Philo Farnsworth, seorang kelahiran Amerika, seorang inventor yang pertama kali membuat sistem televisi yang “all-electronic”. Vladimir pada saat itu terpukau dengan Tabung Transmisi ciptaan oleh Philo, dan mengajaknya untuk bekerja sama, namun Philo menolak tawaran tersebut dan Vladimir akhirnya mengembangkannya sendiri. Pada 1939, Vladimir pun memperkenalkan televisi elektronik regular pada New York World’s Fair.

Televisi pertama kali berbentuk jauh lebih tebal dan juga terlihat lebih rumit dibandingkan dengan televisi pada zaman sekarang. Televisi pada zaman dahulu memiliki tombol-tombol yang berbentuk lebih frontal. Namun seiringnya dengan perkembangan zaman, bentuk fisik dari Televisi pun semakin berubah dari zaman, ke zaman. Berikut adalah beberapa perkembangan bentuk dari Televisi dari masa ke masa

1. TV Pada Tahun 1940-an
      
Televisi Pertama

Jenis televisi yang satu ini merupakan jenis televisi yang pertama kali ada, jenis televisi ini populer setelah Perang Dunia ke-2

2. TV Pada Tahun 1950-an
Televisi Hitam Putih


Meskipun televisi berwarna sudah ada pada saat itu, namun pemakaian TV Hitam Putih seperti diatas masih lebih banyak dipakai oleh masyarakat.

3. TV Pada Tahun 1967-an

Televisi Berwarna
Siaran TV berwarna  semakin banyak sehingga TV berwarna pun semakin banyak dipakai oleh masyarakat.

4. TV Kabel Tahun 1980-an 
Televisi Kabel
Pada kisaran tahun 1980-an, Televisi kabel sudah mulai banyak pemakainya, dan menyebar dengan sangat cepat

5.Televisi Pada tahun 1990-an
Televisi CRT

Televisi seperti diatas merupakan televisi yang menggunakan teknologi CRT (Cathode-Ray Tubes), televisi seperti diatas lah yang paling banyak digunakan pada tahun 1990-an.

TV Rear Projection CRT
Terdapat pula televisi yang memakai teknologi Rear Projection CRT yang memungkinkan televisi diproduksi dalam ukuran yang lebih besar dengan cara menggabungkan proyektor dan layar ke dalam suatu kotak, yang nantinya proyektor tersebut akan menampilkan gambar ke belakang layar.

TV Plasma
Televisi berikut ini pertama kali dipasarkan pada tahun 1997, karena bentuknya yang lebih ramping ini, pada saat itu televisi ini merupakan yang paling populer diantara yang lainnya.
TV LCoS (Light Crystal on Surface)


Televisi jenis ini merupakan televisi dengan kualitas gambar yang sangat baik, cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan cahaya langsung melalui polarizer sebelum diperbesar dan memproyeksikannya ke layar. Namun harga dari televisi jenis ini sangatlah mahal
TV LCD
Televisi ini mulai muncul pada akhir era 1990-an, televisi LCD mempunyai kualitas gambar yang lebih baik dan juga lebih hemat energi dibandingkan dengan televisi Plasma.
6. Televisi pada tahun 2000-an
Sony XEL-1 (First OLED TV)
Pada tahun 2007, Sony mengeluarkan Sny XEL-1. Televisi ini merupakan OLED (Organic Light Emitting Diode) pertama di dunia. OLED merupakan pengembangan dari teknologi LED yang diciptakan oleh J.P Mitchell pada tahun 1977.

Setelah tahun 2007, banyak sekali perkembangan-perkembangan pada televisi. mulai dari Televisi Full High Definition, Ultra High Definition, Super-Ultra High Definition yang merupakan pengembangan dari TV High Definition yang pertama kali diteliti pada tahun 1970 oleh NHK (Perusahaan Penyiaran Jepang) dan di demonstrasikan pertama kali pada tahun 1981 di Amerika Serikat.
FHD TV
UHD TV
Perbedaan dari ketiganya adalah resolusi dan kualitas gambar dari masing-masing jenis televisi tersebut, SUHD memiliki kualitas lebih baik dibanding UHD dan UHD memiliki kualitas lebih baik dibanding FHD.

Pada saat ini juga muncul televisi yang memiliki tampilan berlengkung (Curved Display), yaitu televisi yang memiliki lengkungan, memiliki kualitas gambar setara UHD TV atau SUHD TV, dan juga berdimensi lebih besar.

Berikut video tentang perkembangan Televisi dari zaman ke zaman


Sumber :
http://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/baird_logie.shtml
https://www.britannica.com/biography/Philo-Farnsworth
https://www.britannica.com/biography/Vladimir-Zworykin

Komentar

  1. Aku baru tau loh ternyata gini perkembangannya..thanks ya

    BalasHapus
  2. Asli sih ini lengkap banget

    BalasHapus
  3. Aku share ke yang lain yaa biar makin banyak yang tau ini..hehehe

    BalasHapus
  4. Makin lama arah perkembangan teknologi memang condong ke arah kecil, tipis, dan ringkas. Bahkan, dengan teknologi yang ada saat ini, tidak mustahil jika TV bisa memberikan pengalaman ketingkat yang lebih tinggi, seperti adanya dukungan Virtual Reality ataupun Mixed reality...

    BalasHapus
  5. ternyata aku pribadi cuma mengalami sedikit evolusinya lohh heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar