MEDIA SOSIAL


Hallooo Televiewers!! sekarang ada informasi seputar media sosial, Yuk di simak!
media sosial

MEDIA SOSIAL

media sosial adalah sebuah media yang digunakan untuk interaksi sosial yang mudah diakses menggunakan teknik komunikasi terukur. Media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan seluler untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Media sosial memungkinkan kita untuk :
a)      Berpartisipasi (contoh : memilih berita online favorit)
b)    Berbicara atau mengutarakan pendapat (contoh:  memposting komentar dalam blog seseorang)
c)      Berbagi (contoh: membuat dan memposting materi ke situs seperti Flickr dan Youtube)
d)     Berkolaborasi (contoh: membuat konten dengan pengguna lain, seperti Wikipedia)
e)      Menghubungkan (contoh: membentuk jejaring sosial dengan teman-teman dan mereka yang memiliki minat yang sama di situs-situs seperti facebook, twitter, linkedin)
Jenis-jenis media sosial terdiri dari:

Proyek kolaborasi (collaborative project)

Penggunanya dapat mengubah, menambah, hingga menghilangkan konten yang ada di website ini, contohnya : Wikipedia

Blog dan Microblog

Blog adalah aplikasi web yang dapat diisi dengan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan dalam halaman web umum, sedangkan micro blog adalah bentuk kecil dari blog, penggunanya memilii batasan 140 karakter untuk memposting sesutau, Contohnya: Twitter.

Konten (content communities)

Memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi video, e-book, foto dll. Contohnya: Google drive, Youtube.

Situs jejaring sosial (social networking sites)

Adalah sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia, dan mengundang atau menerima teman untuk bergabung. Contohnya: Facebook, Path, Myspace, Instagram.

Dunia virtual (virtual world)


Memungkinkan penggunanya muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan juga berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam lingkungan yang di reaplikasikan secara 3D. Contohnya: game online.


SEJARAH PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL
BBS

Media sosial berkembang pada tahun 1978 yang dimulai dari penemuan sebuah sistem papan buletin atau yang biasa disebut sebagai Bulletin Board System (BBS) . Bulletin Board System merupakan sebuah sistem yang rendah biaya juga akar untuk menyiarkan maupun merespom informasi tentang suatu tema, sistem ini dapat dijalankan dalam skala nasional dan Internasional, biasanya jaringan-jaringannya memberikan pelayanan dalam daerah yang berdekatan secara geografis dan kebutuhan spesifik dari pengguna lokal.

classmates.com

Sebenarnya, pada tahun 1995 sudah muncul sebuah situs jejaring sosial bernama Classmates.com namun kurang mendapat perhatian dan sambutan dari masyarakat, situs jejaring sosial yang dianggap lebih berhasil dari Classmates.com adalah Sixdegree.com yang muncul pada tahun 1997.
blogger
Di tahun 1999 muncullah situs bernama Blogger yang memungkinkan penggunanya untuk membuat halaman yang dapat diisi dengan berbagai macam hal mulai dari hal pribadi seperti hobi hingga mengkritisi pemerintah, desainnya pun dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan pengguna, situs ini dapat kita miliki tanpa membayar domain sepeserpun, selain itu situs ini juga menjadi tonggak perkembangan media sosial.


Tahun 2002 situs jejaring sosial bernama Friendster diciptakan oleh Jonathan Abrams, nama Friendster berasal dari kata “Friend” dan “Napster”, saat itu Napster memiliki fungsi untuk membantu penggunanya untuk bertukar informasi melalui jaringan maya, sedangkan friendster berfungsi untuk memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi, membagi konten dan media, bahkan mencari informasi mengenai acara dan hobi mereka.
friendster
Linkedin




Pada 2003, situs jejaring sosial Linkedln diciptakan. Linkedln merupakan situs jejaring sosial yang berbasis bisnis, jadi selain memiliki fungsi-fungsi jejaring sosial Linkedln juga bisa digunakan untuk mencari pekerjaan.
Mark Zuckerberg
Jejaring sosial yang diciptakan pada tahun 2004 berikut ini memiliki jumlah pengguna kurang lebih sebanyak 600 juta orang yang tersebar di seluruh dunia. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg.
Pada tahun 2006, jejaring sosial Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey, Biz Stone dan Evan Williams. Twitter adalah sebuah jejaring sosial dengan sistem micro-blogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengupdate status maksimal 140 karakter.
Di tahun 2007 muncul jejaring sosial bernama Wiser, situs ini diharapkan bisa menjadi direktori online untuk organisasi lingkungan di seluruh dunia.
Kevin Systrom

Tahun 2010, diliris sebuah jearing sosial yang mendapat respon dan sambutan baik dari masyarakat di seluruh dunia yaitu Instagram. Instagram dirancang dan dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Michel Kriger, Instagram kemudian diluncurkan pada oktober 2010 dan pada Desember 2010 Instagram sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna. Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang berbasis fotografi, dengan menggunakan aplikasi ini para penggunanya bisa membagikan foto ataupun video.
Pada 2011, Google+ yang dioperasikan oleh Google Inc diluncurkan. Pada awalnya yang bisa mengakses Google+ hanya orang-orang yang mendapat undangan dari google, namun kemudia Google+ dibuka untuk umum, bila ingin menggunakan Google+ kita hanya perlu mendaftarkan diri menggunakan alamat email gmail kita. 


EFEK MEDIA SOSIAL
Efek Media Sosial


Pertama, Media tradisional telah memasukkan upaya media sosial untuk menarik dan menahan audiensi. Cerita surat kabar biasanya memiliki opsi yang memungkinkan pembaca berbagi cerita di Facebook, Twitter, dan situs lainnya. Program TV memiliki halaman Facebook sendiri, dan banyak film (Aktivitas Paranormal, misalnya) sangat bergantung pada media sosial untuk promosi. Banyak calon penyanyi mendapat jeda besar mereka berkat video YouTube.
link
Kedua, dengan cara yang halus, media sosial telah mengubah cara kita berpikir tentang hiburan. Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa sekitar 60 persen respondennya menganggap situs media sosial sebagai bentuk hiburan. Di antara orang-orang muda, persentase itu bahkan lebih tinggi. Penemuan ini memiliki arti penting bagi media hiburan yang telah mapan. Karena tampaknya orang-orang lebih mengandalkan teman-teman mereka, terutama teman-teman di situs jejaring sosial, untuk hiburan mereka dan kurang pada media tradisional.
Ketiga, selain hiburan, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengumpulan berita. Postingan di Twitter dan Facebook sering menjadi sumber informasi utama ketika berita pecah, seperti yang ditunjukkan selama gempa bumi di Haiti dan Jepang.
DAMPAK NEGATIF
Dampak Negatif

Dampak negatif yang ditimbulkan media sosial,
pertama, media sosial mengganggu produktivitas di tempat kerja.
Kedua, media digital mudah diduplikasi, diarsipkan, dan dibagikan. tweets anda, entri blog, postingan facebook, dan foto mungkin disimpan di suatu tempat di hard drive seseorang dan bisa digunakan untuk menjadi ancaman bagi anda.
Ketiga, adanya potensi cyber bullying. Cyber bullying bisa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk memposting pesan menghina pada halaman facebook seseorang, memposting foto yang memalukan dan tidak menarik, atau mengasari seseorang melalui pesan instan atau email. 

qiuzlet
QUIZLET
1. Apa itu Media Sosial?
media sosial adalah sebuah media yang digunakan untuk interaksi sosial yang mudah diakses menggunakan teknik komunikasi terukur. Media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan seluler untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
2. Apa saja jenis Media Sosial?
proyek kolaborasi, Blog dan Microblog, Konten (content communities), Situs jejaring sosial (social networking sites), Dunia virtual (virtual world)
3. Media sosial memungkinkan kita untuk apa?
Berpartisipasi, Berbicara atau mengutarakan pendapat, Berbagi, Berkolaborasi, Menghubungkan
4. Pada tahun berapa media sosial mulai berkembang?
Media sosial berkembang pada tahun 1978
5. Bagaimana awal mula berkembangnya media sosial?
berawal dari penemuan sebuah sistem papan buletin atau yang biasa disebut sebagai Bulletin Board System (BBS) 
6. Apa itu Bulletin Board System?
Bulletin Board System merupakan sebuah sistem yang rendah biaya juga akar untuk menyiarkan maupun merespom informasi tentang suatu tema, sistem ini dapat dijalankan dalam skala nasional dan nternasional
7. Pada tahun berapa situs jejaring sosial pertama kali muncul?
pada tahun 1995
8. Apa jejaring sosial pertama yang muncul pada tahun 1995?
Classmates.com
9. apa itu situs blogger?
situs yang memungkinkan penggunanya untuk membuat halaman yang dapat diisi dengan berbagai macam hal mulai dari hal pribadi seperti hobi hingga mengkritisi pemerintah, desainnya pun dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan pengguna, situs ini dapat kita miliki tanpa membayar domain sepeserpun
10. pada tahun 2002 situs jejaring sosial bernama Friendster diciptakan oleh siapa?
Jonathan Abrams
11. siapa pencipta jejaring sosial Twitter?
Jack Dorsey, Biz Stone dan Evan Williams.
12. apa itu Instagram?
Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang berbasis fotografi, dengan menggunakan aplikasi ini para penggunanya bisa membagikan foto ataupun video.
13. apa saja efek media sosial?
Media tradisional telah memasukkan upaya media sosial untuk menarik dan menahan audiensi, media sosial telah mengubah cara kita berpikir tentang hiburan, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengumpulan berita
14. apa saja dampak positif dari media sosial?
memperbanyak relasi pertemanan, menyatukan hubungan jarak jauh, promosi bisnis/usaha, mendapat informasi dengan mudah dan cepat, dan sarana mengekspresikan diri.
15. apa saja dampak negatif dari media sosial?
media sosial mengganggu produktivitas di tempat kerja, media digital mudah diduplikasi, diarsipkan, dan dibagikan, adanya potensi cyber bullying, membuat orang cenderung mudah emosi dan bersifat individualis, penyebaran konten-konten pornografi dan berita hoax, penurunan kesehatan. 
16. apa saja yang tergolong cyber bullying?
memposting pesan menghina pada halaman facebook seseorang, memposting foto yang memalukan dan tidak menarik, atau mengasari seseorang melalui pesan instan atau email.
17. apa yang dimaksud media digital mudah diduplikasi, diarsipkan, dan dibagikan?
tweets anda, entri blog, postingan facebook, dan foto mungkin disimpan di suatu tempat di hard drive seseorang dan bisa digunakan untuk menjadi ancaman bagi anda. 
18. apa yang dimaksud Media tradisional telah memasukkan upaya media sosial untuk menarik dan menahan audiensi?
Cerita surat kabar biasanya memiliki opsi yang memungkinkan pembaca berbagi cerita di Facebook, Twitter, dan situs lainnya. Program TV memiliki halaman Facebook sendiri, dan banyak film (Aktivitas Paranormal, misalnya) sangat bergantung pada media sosial untuk promosi.
19. apa itu media sosial LinkedIn dan apa fungsinya?
Linkedln merupakan situs jejaring sosial yang berbasis bisnis, jadi selain memiliki fungsi-fungsi jejaring sosial Linkedln juga bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. 
20. bagaimana cara kita mengantisipasi dampak negatif media sosial?
lebih bijak dan lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial, menggunakan media sosial untuk memperoleh informasi dan tidak menyalahgunakannya, memakai media sosial pada waktu, situasi dan kondisi yang tepat.

Sumber:
Dominick, R. Joseph. 2002. The Dynamics of Mass Communication. New York San Francisco: McGraw-Hill Higher Education.


Komentar

Posting Komentar